Kumpulan Tulisan OO Hanafiah, M.Ag

loading...

Friday, May 25, 2018

ALAM BA'ATS (Alam Kebangkitan)

ALAM BA’ATS

Ba’ats adalah bangkit dari Kubur. Kehidupan hari akhir dimulai dengan adanya ba’ats, yaitu pembangkitan seluruh makhluk dari alam kubur. Pada saat itu, Alloh swt mengembalikan jasad manusia untuk dipersatukan dengan ruh-ruh mereka.
Ayat-ayat Al-Quran telah banyak menerangkan adanya ba’ats. Firman Alloh dalam Q.S. Al-Hajj Ayat 7 :
وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٞ لَّا رَيۡبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبۡعَثُ مَن فِي ٱلۡقُبُورِ ٧
“dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.”

Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka tidak ada kesulitan sedikitpun bagi-Nya untuk mengembalikan jasad yang sudah hancur lebur bahkan yang sudah hilang sama sekali.
Waktu dibangkitkannya nanti, seluruh manusia akan berbeda-beda. Perbedaan bentuk tubuh dan ruhnya manusia tergantung dari keimanan dan amal perbuatannya. Orang yang teguh keimananya, baik amal perbuatan, serta suci jiwanya, maka ia dibangkitkan  dalam bentuk tubuh dan ruh yang sempurna. Sebaliknya orang yang rusak, buruk amal perbuatannya, kotor jiwanya, dibandingkan dengan tubuh dan ruh yang tidak sempurna.
Diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir, katanya: “Saya mendengar Rasululloh saw bersabda:  Setiap hamba itu dibangkitkan nanti menurut apa yang ia mati dengannya.”
Adapun maksud dari hadits tersebut adalah, jika matinya itu dengan penuh kebaikan, maka dibangkitkannya dalam keadaan yang baik pula. Sebaliknya, jika matinya penuh keburukan, maka dibangkitkan nanti dalam keadaan yang buruk dan mengerikan.

Related Posts

No comments on ALAM BA'ATS (Alam Kebangkitan)

Post a Comment