Kumpulan Tulisan OO Hanafiah, M.Ag

loading...

Friday, May 25, 2018

ALAM HISABAN ( Alam Perhitungan Amal)

ALAM HISABAN

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Insyiqaq ayat 7-13:
فَأَمَّا مَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ بِيَمِينِهِۦ ٧  فَسَوۡفَ يُحَاسَبُ حِسَابٗا يَسِيرٗا ٨ وَيَنقَلِبُ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦ مَسۡرُورٗا ٩  وَأَمَّا مَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ وَرَآءَ ظَهۡرِهِۦ ١٠ فَسَوۡفَ يَدۡعُواْ ثُبُورٗا ١١  وَيَصۡلَىٰ سَعِيرًا ١٢  إِنَّهُۥ كَانَ فِيٓ أَهۡلِهِۦ مَسۡرُورًا ١٣
“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya. maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah. dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang. maka dia akan berteriak: "Celakalah aku". Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir).”
Hisab artinya perhitungan. Semua amal perbuatan manusia selama di dunia akan diperhitungkan. Semua perbuatan manusia dicatat dalam buku (laporan). Semua orang dapat mengetahui isi buku laporan itu, walaupun orang tersebut tidak dapat membaca. Laporan itu diberikan kepada masing-masing orang dalam posisi yang berbeda. Ada yang menerima dari sebelah kanan dan ada yang menerima dari sebelah kiri. Ada yang menerima dengan wajah yang gembira, dan ada yang menerima dengan wajah penuh ketakutan.
Suasana pada waktu itu amat mencekam dan menakutkan. Orang tidak mungkin lagi dapat berdusta atau membea diri. Semua anggota badan dan semua amal nampak hidup dan berbicara memberikan kesaksian. Dari hasil perhitungan itulah ditentukan balasan dan amal perbuatan manusia. Orang-orang yang selama hidupnya di dunia melakukan amal soleh akan mendaatkan imbalan yang menyenangkan di surga. Sebaliknya, orang-orang yang berbuat kejahatan dan kemaksiatan, tidak beriman akan mendapat balasan berupa adzab di Neraka.

Related Posts

No comments on ALAM HISABAN ( Alam Perhitungan Amal)

Post a Comment