Kumpulan Tulisan OO Hanafiah, M.Ag

loading...

Friday, July 20, 2018

TEKNIK REKRUTMEN MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI ISLAM IAILM SURYALAYA



IAILM Suryalaya menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi, dan Jalur Ujian Tertulis. Pedoman rekrutmen mahasiswa baru IAILM Suryalaya, didasarkan SK Rektor IAILM No. 83 Tahun 2017 tentang panduan penerimaan mahasiswa baru dan dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan mahasiswa baru dengan SK Rektor No. 87 Tahun 2017.
Seleksi penerimaan mahasiswa baru diperlukan agar mampu mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki standar kualitas yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi.Sistem penerimaan mahasiswa baru di IAILM Suryalaya secara global diatur melalui Pedoman Akademik  yang dijabarkan kedalam panduan penerimaan mahasiswa baru secara lengkap dan dilaksanakan secara konsisten oleh satu kepanitiaan. Panduan tersebut memuat: kebijakan penerimaan mahasiswa baru; kriteria penerimaan mahasiswa baru; prosedur penerimaan mahasiswa baru; instrumen penerimaan mahasiswa baru; dan sistem pengambilan keputusan. Panduan tersebut berlaku untuk semua jenjang akademik ( S1 dan S2 )

a.    Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru
Kebijakan penerimaan dan sistem seleksi calon mahasiswa baru pada IAILM Suryalaya tertuang dalam panduan penerimaan mahasiswa baru yang mengacu kepada: 1) Statuta, 2) Pedoman Akademik, dan 3) Standar Operasional Prosedur yang ditetapkan berdasarkan SK Rektor  yang didalamnya menjelaskan aturan-aturan tentang pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru.
Proses penerimaan mahasiswa baru untuk program S1 dan S2 dimulai dari adanya sosialisasi, pendaftaran peserta, ujian seleksi, pengolahan hasil ujian seleksi, penetapan dan pengumuman hasil ujian seleksi. Seleksi penerimaan mahasiswa baru di lingkungan IAILM Suryalaya dilaksanakan secara sentralisasi dilakukan bersama-sama melalui sebuah kepanitiaan dengan SK Rektor No. 87 Tahun 2017 , Pendaftaran bisa dilakukan secara offline dan juga online. 

Sistem rekruitmen dan seleksi calon mahasiswa baru program S1 IAILM Suryalaya dilaksanakan melalui jalur prestasi ( prestasi akademik, olah raga, seni dan keagamaan ) dan jalur ujian tertulis yang terdiri dari beberapa mata ujian yakni Tes Potensi Akademik, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Agama, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan wawancara  termasuk Tes Baca Tulis Qur’an (BTQ). Adapun untuk program S2 melalui jalur seleksi terdiri dari Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik.

b.    Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru
Sesuai dengan Pedoman Akademik dan Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru, penerimaan mahasiswa baru memiliki dua syarat yaitu:
1.    Persyaratan Umum Program S1
Memiliki Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) atau ijazah untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau Sekolah Menengah Umum (SMU) dan sederajat, melampirkan foto copy NEM atau daftar Nilai Ujian Akhir
Nasional yang telah dilegalisir, terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Khusus bagi Warga Negara Asing (WNA) persyaratannya ditambah dengan melampirkan Surat Ijin Belajar dari Kementrian Agama dan/ atau pihak yang diberikan mandat oleh Kementrian Agama untuk kepentingan tersebut.

Persyaratan Umum Prgram S2
Memiliki ijazah program S1 atau yang sederajat, terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Khusus bagi Warga Negara Asing (WNA) persyaratannya ditambah dengan melampirkan Surat Ijin Belajar dari Kementrian Agama dan/ atau pihak yang diberikan mandat oleh Kementrian Agama untuk kepentingan tersebut.
2.    Persyaratan Khusus Program S1
a.    Mengisi formulir baik secara offline dan juga online.
b.    Melampirkan:
1)    Fotokopy Surat Tanda Tamat Belajar SMU atau sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar.
2)    Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian atau dari sekolah asal.
3)    Surat keterangan kesehatan dari Dokter.
4)    Surat keterangan bebas narkoba (dari instansi terkait)
5)    Pasfoto ukuran: 3X4, dan 2X3 masing-masing 4 lembar.

Persyaratan Khusus Program S2
a.    Mengisi formolir pendaftaran baik offline dan online
          b.  Melampirkan:
1)    Fotokopy ijazah S1 atau yang sederajat dilegalisir
2) Transkrip nilai program S1 dilegalisir
3) Referensi akademik dari dosen/pembimbing akademik (dalam sampul tertutup)
4)    Izin intansi bagi yang sudah bekerja
5)    Pasfoto ukuran: 3X4 (berlatar biru), dan 2X3 masing-masing 4 lembar.
c.    Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru S1 dan S2
Tata cara pendaftaran offline:
a.    Calon mahasiswa baru datang ke kampus dengan membawa persyaratan yang ditentukan
b.    Pendaftar dilayani oleh petugas pendaftaran pada saat itu
c.    Pendaftar mengisi buku kunjungan yang telah disediakan
d.    Pendaftar mendapatkan penjelasan dari petugas pada saat itu terkait dengan tata cara daftar, cara pembayaran serta informasi mengenai ujian saringan
e.    Pendaftar mengisi formulir yang telah disediakan dan membayar biaya pendaftaran melalui bank BRI Unit Puteran No. Rek. 4459-01-000453-53-5 a.n PT Latifah IAILM Suryalaya serta mendapatkan bukti/resi pembayaran
f.    Petugas pendaftaran mencatat data diri pendaftar di logbook, dan memasukannya kedalam sistem pendaftaran online
g.    Petugas memberikan kartu ujian saringan masuk yang telah ditandatangani oleh ketua panitia.

Tata cara pendaftaran online:
a.    Pendaftar mengunjungi situs/web IAILM Suryalaya di iailm.ac.id  ataupun langsung klik http://pmb.iailm.ac.id
b.    Dalam situs penerimaan mahasiswa baru tersebut terdapat panduan atau cara untuk melakukan daftar online, sehingga para calon mahasiswa baru tidak kebingungan. Berikut ini prosedur pendaftaran mahasiswa baru secara online (Link :http://iailm.siakadcloud.com/spmbfront/informasi/4/cara-pendaftaran-online/) 

Related Posts

No comments on TEKNIK REKRUTMEN MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI ISLAM IAILM SURYALAYA

Post a Comment