Kumpulan Tulisan OO Hanafiah, M.Ag

loading...

Thursday, May 24, 2018

KEMULIAAN BULAN RAMADHAN

KEMULIAAN BULAN RAMADHAN



Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat luarbiasa dan yang sangat dinanti-natikan oleh kaum Muslimin. Rasululloh SAW bersabda: “ Kalau saja umatKU tahu apa isinya di bulan Ramadhan, maka akan mengharapkan seluruh bulan / sepanjang tahun itu bulan Ramadhan. Kenapa demikian ? karena di bulan Ramadhan itu kebaikan dikumpulkan / dilipatgandakan, semua ketaatan diterima oleh Allh swt, do’a dikabulkan (diterima oleh Allah), dosa diampuni, dan Surga menantikan kepada orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan.”
Rasulullah saw bersabda:

الجنة مستقة علئ اربعة نفر : تال القران ,وحافظ لسان, ومطعم الجيعان, والصائمين فئ شهررمضان

“ Ada empat golongan umat yang dirindukan oleh Surga :
1.    Orang yang senang membaca Al-Quran
2.    Orang yang pandai menjaga lisan
3.    Orang yang suka memberi makanan kepada orang yang lapar
4.    Orang yang berpuasa di bulan Ramadahan
Manakala kelihatan hilal (tanda waktu berpuasa tiba) pada tanggal satu, maka menjerit seluruh ‘Arasy, kursyi, dan para malaikat, serta apa yang ada di bawahnya. Semuanya mengatakan bahwa “ sangat bahagialah bagi umat Nabi Muhammad SAW, dan memintakan ampunan kepadanya matahari, bulan, bintang, burung yang ada di angkasa, ikan yang ada di air, dan seluruh ruh yang ada di muka bumi, kecuali Syaithan yang dilaknat.
Datangnya bulan Ramadhan benar-benar sangat menggembirakan, karena dengan datangnya bulan Ramadhan membawa berkah. Salah satu Hadits Nabi menjelaskan : “ Telah datang bulan yang penuh berkah, dimana di dalamnya diperintahkan berpuasa, dibukakan seluruh pintu surga, ditutup seluruh pintu neraka, dibelenggunya syaethan, dan di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu malam lailatul Qadar”.
Dengan kemuliaan bulan Ramadhan itu, bagi siapa saja yang berniat untuk mencari ilmu, maka sangat dihargai oleh Allah swt. Salah satu hadits Nabi menjelaskan “ Barangsiapa yang hadir di Majlis Ilmu di bulan Ramadhan, maka dituliskan oleh Allah swt setiap langkahnya dengan ibadah satu tahun”.

Related Posts

No comments on KEMULIAAN BULAN RAMADHAN

Post a Comment