Kumpulan Tulisan OO Hanafiah, M.Ag

loading...

Friday, July 20, 2018

SISTEM PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM IAILM SURYALAYA TASIKMALAYA

  


Pengelolaan institusi perguruan tinggi secara umum diatur dalam Statuta dan ketetapan Organisasi dan Tata Kerja yang memuat tugas pokok dan fungsi masing-masing unit kerja. Selain itu, setiap institusi dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan terutama yang terkait dengan tugas pokoknya masing-masing.
Selanjutnya visi, misi dan tujuan IAILM Suryalaya diterjemahkan dalam Renop dan Renstra sebagai pedoman implementasi dari fungsi manajemen perguruan tinggi yang terdiri dari:
1.    Planning
IAILM Suryalaya menggunakan perencanaan strategis yang terstruktur tertuang dalam rencana operasional, yaitu : Pertama, Perencanaan jangka panjang (Dua puluh tahunan berupa RIP); Kedua, Perencanaan jangka menengah (lima tahunan berupa Renstra) dan ketiga, Perencanaan jangka pendek (tahunan berupa Renop) yang keseluruhannya telah disetujui oleh Rektor.
Banyak manfaat memiliki strategi dan perencanaan manajemen, antara lain adalah:
a.    Sebagai pedoman organisasi;
b.    Pengelola IAILM Suryalaya lebih berhati-hati dan cerdas dalam menghadapi perkembangan perubahan, baik berupa kesempatan ataupun ancaman;
c.    Menjadi bahan pertimbangan pimpinan IAILM Suryalaya dalam memetakan potensi sumber daya yang dimiliki;
d.    Memudahkan komunikasi antar unsur pimpinan IAILM Suryalaya dalam menyikapi berbagai keputusan yang berhubungan dengan strategi tertentu; dan
e.    Melahirkan sikap manajemen yang akomodatif dan progresif.

2.    Organizing
IAILM Suryalaya mengarahkan fungsi pengorganisasian untuk optimalisasi segenap sumber daya manusia dalam pencapaian visi dan misi IAILM Suryalaya. Rektor dengan dibantu Pimpinan dan Unit Kerja mengelola kegiatan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Hal yang strategis dalam organizing  diantaranya adalah fungsi pengisian staf yang sesuai dengan tugas atau kedudukannya.
Ada beberapa jenis sumber daya manusia yang bekerja di IAILM Suryalaya, sebagai berikut :
a.    Tenaga Pendidik, yaitu jenis sumber daya manusia akademik yang terdiri dari para dosen dan para peneliti yang bertugas mengajar dan melakukan penelitian ilmiah;
b.    Tenaga Kependidikan, yaitu jenis sumber daya manusia administrasi yang terdiri dari karyawan atau staf yang bekerja di rektorat, keuangan, pendaftaran, personalia dan lain sebagainya;
c.    Tenaga Penunjang akademik, yaitu jenis sumber daya manusia yang bekerja sebagai ahli atau karyawan di perpustakaan, laboratorium dan sejenisnya;
d.    Tenaga penunjang lainya, yaitu jenis sumber daya manusia yang bekerja sebagai sopir, tukang kebun, petugas pembersihan gedung, petugas pemeliharaan, dan lain sebagainya.

3.    Staffing
Kepegawaian ditata berdasarkan keahlian dan beban kerja, dan diatur melalui Surat Keputusan Rektor IAILM Suryalaya yang berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia di lingkungan IAILM Suryalaya. Mekanisme staffing adalah sebagai berikut :
a.    Perencanaan;
b.    Rekrutmen;
c.    Seleksi;
d.    Pelatihan;
e.    Pengembangan karier;
f.    Pembuatan perincian tugas dan kebutuhan tugas;
g.    Penetapan otorisasi;
h.    Menentukan organigram;
i.    Menentukan hubungan antarlini dan hubungan staf;
j.    Menentukan rentang kendali (span of control);
k.    Membuat penilaian tugas dan jenjang tugas (job evaluation dan job establishment); dan
l.    Merencanakan kaderisasi.

Staffing pada IAILM Suryalaya diperlakukan secara patut mereka mendapat kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan dan pengembangan karier.

4.    Leading
Dalam menjalankan tugasnya, Rektor IAILM Suryalaya mengacu kepada Statuta IAILM Suryalaya yang mengatur tentang wewenang dan tugas selaku pimpinan IAILM Suryalaya.

5.    Controlling
Dalam menjalankan fungsi controlling Rektor dibantu oleh LPM (Lembaga Penjaminan Mutu). Lembaga ini berfungsi sebagai lembaga yang mengamati dan mengukur sejauhmana kinerja masing-masing Unit Kerja, apakah pelaksanaan dan hasil kerja sudah sesuai dengan perencanaan atau tidak.
Apabila pelaksanaan atau hasil tidak sesuai dengan yang direncanakan, maka dicari apa masalahnya, apa hambatannya, dan mencari cara bagaimana menyelesaikannya supaya hasilnya betul-betul sesuai dengan yang telah ditargetkan.
Pengawasan di lingkungan IAILM Suryalaya dilakukan berdasarkan jadwal yang jelas yaitu setiap akhir tahun anggaran, atau bila perlu dilakukan setiap bulan, sehingga perbaikan tidak terlambat dilaksanakan.

Related Posts

No comments on SISTEM PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM IAILM SURYALAYA TASIKMALAYA

Post a Comment